Aneka Makanan Yang Baik Dikonsumsi Untuk Kesehatan

Menjaga pola hidup sehat bisa dilakukan tidak hanya dengan berolahraga secara rutin saja, tetapi juga harus diimbangi dengan pola konsumsi makanan sehari-hari yang kaya akan sumber vitamin.

Anda perlu mengkonsumsi sayuran hjau, buah-buahan, daging dan mengurangi makanan yang banyak mengandung bahan pengawet. Terdapat beberapa kategori makanan yang tergolog dalam superfood yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh. Apalagi sekarang ini sedang musim wabah corona yang tersebar di seluruh dunia.

Beruntung saat ini aneka makanan tidak ikutan langka seperti masker dan hand sanitizer yang sulit dicari. Aneka makanan sekarang ini justru harganya sedang turun, karena supply yang lebih besar daripada demand, hal ini disebabkan karean banyak warung dan restoran yang memilih menutup usahanya selama masa pandemic corona saat ini.

Selain melakukan olahraga rutin, Anda perlu membarenginya dengan mengkonsumsi aneka makanan yang yang mengandung banyak gizi setiap hari. Lalu apa saja jenis makanannya? Simak pembahasannya dibawah ini.

1. Sayuran

Sayuran

Sayuran

Sayuran menjadi salah satu bahan makanan yang sehat di dunia dengan beragam jenis dan variasi rasa. Tetapi sayangnya tidak semua orang suka mengkonsumsi sayur-sayuran padahal zat-zat yang terkandung didalamnya sangat banyak dan dibutuhkan oleh tubuh. Mengkonsumsi sayuran secara rutin akan berdampak yang bagus pada kesehatan tubuh kita. Berikut rekomendasi sayiran yang baik untuk kesehatan:

  • Wortel

Sayur dengan warna orange ini sangat enak untuk dimasak berbagai olahan masakan, ada juga yang menggunakan wortel untuk dibuat minuman jus. Wortel juga baik untuk kesehatan mata.

  • Kembal kol

Kembang kol merupakan sayur yang enak untuk dimasak berbagai hidangan yang sehat dan enak. Paling banyak dimasak tumis atau dibuat sayur, sensasi renyah dari kembangk kol ini yang menjadikannya salah satu favorit kebanyakan orang yang suka sayur ini.

  • Mentimun

Pasti sudah banyak yang tau dengan mentimun, satur ini paling banyak digunakan untuk lalapan karena rasanya yang enak dan cocok dipadukan dengan apa saja. Mentimun memiliki kandungan sejumlah nutrisi yang penting untuk tubuh dan mengandung vitamin K.

  • Paprika

Jika Anda belum tahu, paprika memiliki bentuk yang mirip dengan buah tomat. Warna buah paprika yang sering ditemui ada yang merah, kuning dan hijau. Paprika memiliki rasa manis dan renyah saat dimakan, selain itu paprika mengandung antioksidan yang tinggi dan kaya akan vitamin C yang berguna untuk menjaga fungsi kekebalan tubuh.

  • Asparagus

Asparagus memang tidak terlalu populer di Indonesia saat ini, tetapi di benua Eropa sayur ini sangat populer. Kandungan yang dimiliki asparagus ini rendah karbohidrat dan kalori tetapi memiliki kandungan vitamin K yang tinggi.

2. Buah-buahan

Buah-buahan

Buah-buahan

Berbeda dengan sayur, kalau untuk buah pasti semua orang menyukainya. Lalu apakah dari daftar berikut ada yang termasuk buah favorit Anda? simak pembahasannya berikut.

  • Pisang

Selain harganya murah, pisang menjadi buah yang paling mudah untuk ditemui. Pisang mengandung vitamin B6 dan kaya akan serat yang dibutuhkan oleh tubuh.

  • Apel

Apel memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga bisa menjaga kekebalan tubuh kita. Apel paling enak dijadikan camilan setelah makan.

  • Alpukat

Alpukat menjadi buah yang berbeda dengan lainnya, bentuknya yang lembut seperti cream yang memiliki kandungan serat, lemak sehat, tinggi serat, kalium dan vitamin C. Tidak semua orang doyan makan alpukat karena rasanya yang sedikit hambar, untuk itu Anda bisa mengolahnya dengan membuat jus atau mencampurinya dengan susu agar lebih nikmat.

  • Jeruk

Buah jeruk terkenal akan kandungan vitamin C yang tinggi. Sama seperti pisang, buah jeruk ini juga mudah ditemukan dan harganya terjangkau.

  • Strowberi

Buah dengan warna merah dengan rasa manis asam ini juga menjadi salah satu rekomendasi buah yang dikonsumsi untuk kesehatan. Buah strowberi ini mengandung vitamin C, K, serat, magnesium, folat dan juga kalium.

3. Kacang-kacangan

Meski memiliki kandungan lemak dan kalori yang cukup tinggi, kacang-kacangan bisa bermanfaat untuk Anda yang sedang program diet. Kacang-kacangan memiliki karakteristik yang renyah, mengenyangkan dan syarat akan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Jenis kacang-kacangan dalam mengolahnya juga tidak sesulit seperti sayuran.

4. Daging

Daging

Daging

Daging merupakan penghasil sumber protein tertinggi jika diolah dengan tepat. Ada beberapa jenis daging yang baik dikonsumsi saat masa seperti sekarang ini:

  • Daging sapi

Bagi Anda yang menyukai daging dengan aroma tidak terlalu menyengat, maka daging sapi adalah pilihan yang paling tepat. Daging sapi memiliki kandungan protein, vitamin B3, B6, B12, zinc, selenium dan fosfor.

  • Daging kambing

Daging kambing paling enak dibuat sate atau tongseng. Aroma yang khas dari daging kambing selalu membuat nafsu makan meningkat, tetapi tidak semua orang doyan mengkonsumsi daging kammbing.

  • Daging ayam

Daging ayam terutama pada bagian dada yang memiliki kandungan rendah lemak dan kalori tetapi memiliki kandungan protein yang tinggi. Bagian dada ini memiliki kandungan yang paling sehat dibandingkan yang lainnya.

5. Ikan

Ikan memiliki kandungan protein yang tinggi. Mantan menteri kelautan dan perikanan Ibu Susi Pudjiastuti pernah membuat pernyataan untuk yang tidak makan ikan akan ditenggelamkan. Ini karena ikan memiliki banyak sekali kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

 

Nah bagaimana apakah Anda sudah termasuk mengkonsumsi lima jenis aneka makanan yang sudah kami sebutkan diatas? Jika belum segeralah untuk melengkapinya agar Anda dan keluarga selalu diberikan kesehatan dengan makan gizi yang cukup. Terima kasih sudah berkunjung di blog Jogjaharini.com, jangan lupa share artikel ini agar orang sekitar juga ikut tahu manfaat dari makanan tersebut diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *