Cara Membuat Toko Online Menggunakan WordPress

Saat ini, membangun toko online untuk bisnis bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Apalagi bagi Anda yang kurang tahu tentang pemrograman website, sangat beruntung sekali sekarang ini dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih dengan adanya CMS (Content Management System).

Menurut data dari merchantmachine.co.uk tahun 2019, Indonesia menempati peringkat pertama pertumbuhan toko online tercepat di dunia dengan skor 78%. Tentu ini menjadi peluang yang besar untuk Anda yang tahu cara membuat toko online sendiri dengan WordPress.

Bagi Anda yang belum tahu tidak perlu khawatir karena kami akan memberikan langkah-langkah membuat toko online dengan WordPress mulai dari awal dengan melakukan pengaturan website toko online dan tips mengembangkan toko online yang sukses. Tetapi sebelum lanjut, kita harus tahu dulu apa itu toko online.

Apa itu toko online

Toko online adalah media, sarana atau tempat untuk Anda sebagai pemilik bisnis menjual produk dan jasa dimana pembeli bisa melakukan pemesanan secara langsung melalui gadget atau komputer yang terhubung dengan jaringan Internet.

Transaksi yang dilakukan sudah online, biasanya pembeli melakukan transfer sejumlah uang kepada penjual, kemudian barang baru akan dikirim sesuai dengan alamat yang tertera. Para pemilik toko online menggunakan website sebagai tempat untuk menampilkan barang dan jasa yang dijual.

Meskipun antara penjual dan pembeli tidak bertatap muka secara langsung, pada toko online tersedia fitur live chat yang memungkinkan pembeli bertanya secara langsung kepada penjual. Selain itu dalam hal pembelian, konsumen bisa memilih barang secara langsung kemudian menambahkan pada keranjang belanja dan kemudian membayar sejumlah uang dengan metode pembayaran yang tersedia.

Mengapa toko online penting untuk bisnis?

Dengan semakin berkembangnya Internet saat ini, bahkan sampai ke pelosok-pelosok wilayah Indonesia, jauh lebih mudah untuk Anda sebagai pemilik bisnis untuk menjual produk secara online.

Agar Anda tidak kehilangan peluang besar ini dari sekarang, maka segeralah untuk membuat toko online sendiri. Agar lebih yakin kami akan berikan beberapa alasan kenapa toko online penting untuk bisnis:

1.   Buka 24 Jam

24 jam

24 jam

Website toko online bisa diakses 24 jam selama 7 hari nonstop, ini akan memberikan peluang untuk bisa menjangkau konsumen lebih luas dan berpotensi untuk menaikan omzet bisnis. Konsumen bebas mencari barang atau jasa tanpa batasan waktu, apalagi bagi para karyawan yang siang hari full dalam bekerja.

Ini berbeda sekali dengan toko offline yang memiliki jam buka tutup sehingga membatasi para pelanggan untuk melakukan belanja.

2.   Biaya pemasaran murah

Dalam mengelola toko online, biaya pemasaran yang dikeluarkan lebih murah jika dibandingkan dengan toko offline. Anda sebagai pemilik toko tidak perlu melakukan

iklan di media cetak, televisi, membagikan brosur, memasang spanduk dan sejenisnya yang mengeluarkan budget yang tidak sedikit. Untuk toko online, pemasaran yang dilakukan bisa dengan SEM (Search Engine Marketing), SEO toko online dan juga sosial media.

3.   Pengelolaan mudah

Pengelolaan toko online juga terbilang mudah, Anda hanya perlu membeli domain dan hosting saja saat akan membuat website toko online. Untuk Anda yang saat ini belum memiliki layanan domain hosting, kami rekomendasikan untuk membeli Hosting Murah dari Qwords, ada promo menarik untuk pembelian hosting mendapatkan gratis domain.

Untuk toko offline, pengelolaan jauh lebih susah, Anda perlu menyewa tempat dengan harga yang tidak murah belum lagi dalam mengurus karyawan perlu membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih.

4.   Kenyamanan pelanggan

Customer

Customer

Kenyamanan menjadi salah satu nilai plus yang dimiliki oleh toko online, karena tidak ada batasan waktu dan harga yang ditampilkan adalah harga asli tidak perlu tawar menawar lagi. Apalagi didukung dengan tampilan website toko online yang semakin menarik membuat para pengunjung toko online betah berlama-lama membuka website toko online.

5.   Tingkat konversi tinggi

Nah yang terakhir adalah tentang tingkat konversi toko online yang lebih tinggi dibandingkan offline. Ada berbagai fitur toko online menarik yang memungkinkan untuk meningkatkan konversi penjualan. Beberapa fitur toko online seperti customer review, video, gambar, live chat, FAQ, kemudahan pembayaran dan lain sebagainnya.

Tidak ada alasan lagi untuk Anda tidak memiliki toko online, bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat toko online sendiri silahkan lihat pada pembahasan dibawah ini mengenai langkah-langkah membuat toko online dengan WordPress.

Langkah membuat toko online dengan WordPress

Untuk Anda yang ingin tahu cara membuat toko online sendiri dengan WordPress, silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

1. Pesan Domain Hosting

Mencari nama domain

Mencari nama domain

Langkah yang pertama dalam membuat toko online adalah dengan membeli domain hosting terlebih dahulu. Kami disini mencontohkan dengan membeli layanan domain dan hosting murah dari Qwords. Pastikan nama domain Anda masih tersedia dengan Cek Domain di website Qwords. Silahkan Anda memilih nama domain yang mudah diingat dan mencerminkan dari toko online Anda.

Untuk lebih amannya menerima banyak pengunjung website, toko online lebih direkomendasikan untuk menggunakan layanan VPS. Dari segi kekuatan dan space VPS lebih bagus jika dibandingkan dengan layanan hosting standar. Harga VPS di Qwords mulai dari 100ribuan/bulan, masih sangat terjangkau untuk membangun sebuah toko online.

2. Instalasi Website WordPress

Setelah Anda membeli domain dan hosting, langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi website dengan WordPress. Pastikan Anda memilih hosting yang menggunakan control panel hosting cPanel, berikut cara instalasi website WordPress:

  1. Silahkan masuk ke cPanel hosting Anda dengan mengakses “namadomain.com/cpanel” atau “namadomain.com:2083”.
  2. Jika sudah sampai di dashboard login WordPress, silahkan masukan username dan password yang sudah dikirimkan melalui email saat
  3. Saat sudah berhasil login di akun cPanel hosting, silahkan cari menu Softaculous Apps Installer, silahkan pilih pada menu CMS
  4. Setelah itu Anda akan masuk pada dashboard WordPress, pilih pada menu “Install Now” pada bagian bawah kanan.
  5. Silahkan isi pada bagian konfigurasi WordPress, ada beberapa menu yang perlu Anda perhatikan sebagai berikut ini:
    • Choose Protocol, ini untuk memilih mau menggunakan http atau
    • Choose Domain, jika Anda membeli domain dan hosting secara bersama, maka sudah otomatis tersedia. Tetapi jika membelinya tidak bersama maka Anda perlu add domain terlebih
    • In Directory, lebih baik dikosongkan saja jika Anda tidak ingin membuat website dalam sub
    • Site name, silahkan isi nama website
    • Site Description, silahkan isi deskripsi website
    • Enable Multiple (MPMU), fitur ini tidak perlu dicentang karena untuk menginstall WordPress
    • Admin Username, username admin untuk login ke website WordPress, gunakan kombinasi username yang kuat agar lebih
    • Admin Password, password untuk melakukan login website WordPress, usahakan menggunakan kombinasi yang kuat agar lebih
    • Admin Email, biarkan kosong
    • Select Language, untuk bahasa terserah mau pilih bahasa Indonesia atau English sesuai dengan kebutuhan.
  6. Jika semuanya sudah Anda isi silahkan lakukan install WordPress dan tunggu hingga prosesnya selesai.

Silahkan coba login ke akun WordPress Anda dengan memasukan username dan password. Untuk cara loginnya silahkan akses pada namadomain.com/wp-admin, Anda bisa mengubah URL login WordPress untuk lebih amannya dari cyber crime.

3. Install Plugin WooCommerce

WooCommerce

WooCommerce

Setelah website WordPress Anda sudah bisa diakses, langkah selanjutnya adalah bagaimana cara membuat website toko online dengan WooCommerce. WooCommerce menjadi plugin WordPress yang akan kita gunakan untuk membuat toko online, tentunya Anda harus melakukan install terlebih dahulu.

Berikut langkah-langkah cara membuat toko online sendiri dengan WooCommerce:

  1. Silahkan masuk ke menu Plugins > Add New > silahkan tulis “WooCommerce” jika sudah ketemu silahkan klik “Install Now”.
  2. Pada menu Page Setup, terdapat menu Shop, Chart, Checkout dan My Account, silahkan Continue untuk
  3. Pada menu Store Locale Setup silahkan isi lokasi bisnis Anda di Negara mana, mata uang yang digunakan, ukuran berat dan satuan panjang untuk proses pengiriman
  4. Pada menu Shipping & Tax Setup ada dua pertanyaan apakah Anda akan mengirim produk fisik dan perhitungan pajak untuk barang yang
  5. Pada menu Payments ada berbagai pilihan metode pembayaran dengan Stripe, Paypal, Cek, COD, dan Transfer Bank. Silahkan pilih yang sesuai dengan metode pembayaran bisnis toko online
  6. Jika sudah silahkan pilih Create your first product!

Selamat toko online Anda sudah berhasil dibuat. Agar bisa bersaing di halaman pencarian Google, Anda perlu melakukan beberapa optimasi pada website WordPress Anda, kira-kira apa saja yang harus dioptimasi? Silahkan ikuti pembahasannya dibawah ini.

4. Melakukan pengaturan website

Ada beberapa pengaturan standar dari website WordPress yang perlu Anda lakukan perubahan agar bisa bersaing di SERP Google. Pastikan dulu bahwa website toko online Anda sudah terinstall dengan sempurna. Untuk mengubahnya silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

  1. Silahkan login ke akun website WordPress
  2. Jika sudah berhasil masuk ke dashboard WordPress, silahkan scroll kebawah dan temukan menu Settings > General.
  3. Pada bagian Site Title silahkan masukan nama toko online Anda, kami mencontohkan dengan nama “Pusat Sneakers” pastikan jangan terlalu panjang agar bisa tampil di halaman SERP
  4. Selanjutnya pada bagian Tagline, silahkan diisi sesuai dengan tagline bisnis Anda. Contoh dari kami seperti “Pusat Sneakers Online Terbaik”.
  5. Jika sudah silahkan pilih “Save Settings” untuk menyimpan pengaturan yang baru

Tips mengembangkan toko online

Mengembangkan toko online

Mengembangkan toko online

Tidak bisa dipungkiri persaingan antara toko online tidaklah mudah, semua saling berlomba- lomba untuk menjadi toko online yang terbaik dalam setiap kategorinya. Nah agar Anda bisa mengembangkan toko online Anda lebih maju dan bersaing dengan toko online lain, Anda bisa mengikuti tips mengembangkan toko online berikut ini:

1. Ketahui nilai jual produk Anda

Setiap produk pastinya memiliki nilai jual yang perlu ditonjolkan, apakah dari segi pelayanan yang prima, harga yang murah atau produk yang berkualitas. Mulailah untuk mengenali nilai jual produk Anda agar bisa bersaing dengan kompetitor toko online Anda.

2. Lakukan test strategi penetapan harga

Anda bisa melakukan test penetapan harga yang berbeda untuk setiap produknya, nantinya dari hasil test strategi penetapan harga ini bisa diambil kesimpulan mana harga yang paling pas untuk produk yang Anda jual.

3. Tentukan keuntungan bisnis

Tujuan Anda berbisnis menggunakan toko online yang pasti untuk mencari keuntungan, maka dari itu Anda perlu menentukan keuntungan dari awal. Besaran keuntungan tiap bisnis berbeda-beda, tetapi standarnya bisa mengambil margin 20%-50% dari harga produk.

4. Jual dibawah harga standar

Menjual dengan harga dibawah standar memang sangat menarik untuk pelanggan, tetapi Anda perlu melakukan perhitungan yang matang agar tidak rugi. Jika Anda bermain di harga dibawah standar, otomatis margin keuntungan akan menipis, solusinya Anda bisa bermain penjualan produk secara kuantitas. Semakin banyak produk terjual maka semakin besar pula keuntungan bisnis yang akan Anda dapatkan.

5. Berikan diskon

Dalam menerapkan diskon, Anda perlu strategi yang matang. Contoh paling mudahnya adalah dengan memberikan harga diskon untuk pembelian produk kedua atau belanja di toko online dengan kelipatan 1 juta mendapatkan gratis ongkir. Pastikan Anda menghitung dengan baik terhadap mulai dari omzet hingga keuntungan yang didapatkan.

Supaya toko online Anda cepat bisa bersaing dengan toko online kompetitor, lakukan optimasi dari segi SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing). Pastikan juga Anda sudah menggunakan layanan VPS Indonesia dari Qwords agar akses toko online Anda semakin cepat.

Terima kasih

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *