Panduan Lengkap Cara Mencuci Mobil di Rumah Yang Benar

Ketika memiliki mobil, menjaga kebersihan mobil adalah menjadi kewajiban untuk setiap pemilik. Jika memang tidak bisa ada alternatif lain bisa membawanya ke tempat cucian mobil, tetapi Anda perlu mengeluarkan uang paling tidak 50 ribu. Tetapi bagaimana kalau Anda mencuci mobil di rumah? Pasti bisa menghemat banyak uang.

Penampilan mobil mencerminkan pemilik mobil, jika mobil selalu bersih bisa menggambarkan kepribadian pemilik mobil yang selalu menjaga kebersihan. Tetapi bagaimana kalau mobil kotor? Orang melihat saja mungkin sudah malas.

Alasan lain dari selalu menjaga kondisi mobil agar selalu bersih bukan hanya masalah penampilan saja, melainkan mobil yang bersih bisa menjaga cat agar tetap awet dan memiliki warna yang cerah. Perlu diketahui bahwa cat mobil memiliki pori-pori pada setiap permukaanya, jika pori-pori ini lama tertutup oleh kotoran maka akan semakin sulit dalam membersihkannya. Hal inilah yang membuat cat mobil menjadi kusam sehingga kurang menarik untuk dilihat dan yang pasti harganya menjadi turun.

Daripada nunggu harus antri ke cucian mobil, Anda mulai sekarang bisa mulai mencuci mobil sendiri. Selain bisa mencuci mobil di rumah bisa kapan saja, yang pasti Anda bisa menghemat uang dan bisa dipakai untuk upgrade aksesoris mobil menjadi lebih menarik.

Cara Mencuci Mobil

Sebelum mencuci mobil, Anda perlu menyiapkan beberapa alat-alat yang diperlukan seperti berikut:

  • Air
  • Ember
  • Selang
  • Kain microfiber
  • Shampoo mobil
  • Cairan pembersih
  • Interior cleaner
  • Pemoles ban
  • Dll

Selain yang disebutkan diatas Anda bisa menambahkan sesuai dengan kebutuhan saja. Langsung saja berikut tahapan dalam mencuci mobil di rumah.

1. Cuci eksterior mobil

Exterior cleaning

Exterior cleaning

Sebelum mencuci pastikan Anda membasahi mobil terlebih dahulu, agar kotoran bisa lebih lunak. Setelah itu mulai semprotkan sabun atau bisa juga lap dengan diratakan ke seluruh eksterior mobil. Pastikan tidak ada bagian eksterior yang terlewat, terutama pada bagian-bagian yang sulit dijangkau.

Agar tidak menimbulkan baret halus pada mobil, untuk meratakan sabun dan membersihkan gunakan kain microfiber yang memiliki serat halus sehingga tidak menimbulkan baret pada cat mobil. Jika sudah silahkan bilas mulai dari bagian atas terlebih dulu. Pastikan mobil kering sempurna agar tidak menimbulkan water spot atau jamur pada body. Untuk mempercepat pengeringan Anda bisa menggunakan kain kanebo.

2. Membersihkan interior mobil

Interior cleaning

Interior cleaning

Setelah bagian eksterior mobil bersih, langkah selanjutnya membersihkan interior mobil. Hal pertama yang dilakukan adalah mengeluarkan semua karpet-karpet yang ada di mobil. Jika Anda memiliki vacuum cleaner bisa langsung dibersihkan terutama debu-debu yang menempel pada karpet. Vacuum cleaner juga bisa Anda gunakan untuk membersihkan bagian yang sulit dijangkau seperti kolong jok, kolong dashboard, dan lokasi yang mengandung banyak kotoran lainnya.

Jika Anda menggunakan cover jok bisa dilepas terlebih dahulu kemudian dibersihkan. Untuk jok asli bawaan mobil bisa dilap dengan air hangat atau  cairan interior cleaner. Bersihkan juga pada bagian dashboard, door panel, langit-langit dan bagian interior lainnya dengan cairan interior cleaner tersebut. jika semuanya sudah silahkan kembalikan karpet mobil pada tempat semula.

3. Membersihkan ruang mesin

Bersihkan mesin mobil

Bersihkan mesin mobil

Bagian ruang mesin walaupun tertutup tetap bisa kotor. Untuk membersihkannya perlu hati-hati tidak boleh sembarangan. Ada beberapa bagian yang harus dilakukan secara khusus agar mobil tetap aman, terhindar dari korsleting dan komponen kelistrikan tetap aman.

Berikut beberapa cara aman untuk membersihkan ruang mesin mobil:

  • Pastikan Anda sudah mencabut kunci agar mobil benar-benar off.
  • Tutup semua komponen penting dan elektrikal dengan plastic atau benda lain agar tidak terkena air.
  • Bersihkan permukaan mesin mobil dan kabel dengan engine degreaser.
  • Gunakan kuas atau sikat kecil untuk menjangkau tempat-tempat yang sulit.
  • Bilas dengan air bertekanan rendah, jangan yang memiliki tekanan tinggi karena bisa merusak komponen.
  • Keringkan ruang mesin bisa dengan kain kanebo atau sejenisnya.

4. Membersihkan kolong mobil

Bersihkan kolong mobil

Bersihkan kolong mobil

Banyak orang yang terfokus untuk membersihkan bagian luaran mobil saja pada saat mencuci mobil. Padahal sebenarnya bagian yang paling kotor adalah kolong mobil. Kolong mobil paling berpotensi kotor karena langsung kena dengan jalan sehingga kotoran apapun bisa dengan mudah menempel.

Pada bagian kolong mobil terdapat komponen-komponen yang penting sehingga harus tetap dijaga kebersihannya sehingga umur komponen bisa lebih panjang. Biasanya jika jarang dibersihkan maka akan timbul karat sehingga membuatnya menjadi mudah keropos. Untuk bisa membersihkannya Anda bisa menyemprotkan air dengan tekanan tinggi ke arah bagian kolong mobil dengan dicampur cairan pembersih, sesudah itu silahkan lap pada bagian yang bisa dijangkau kemudian bilas.

5. Poles mobil dan ban

Detailing mobil

Detailing mobil

Nah yang terakhir adalah melakukan poles ban agar lebih sempurna. Ban adalah komponen penting dalam mobil yang bersinggungan langsung dengan jalanan. Ban yang kurang dirawat bisa saja keelastisitasnya menjadi berkurang sehingga mudah retak, bocor bahkan meledak. Maka dari itu ban perlu dilakukan perawatan khusus salah satunya dengan menyemir ban mobil

Ada 3 manfaat dari menyemir ban mobil secara rutin. Yang pertama yang pasti tampilan menjadi lebih hitam pekat seperti baru, membersihkan kotoran yang membandel dan yang terakhir memberikan perawatan agar keelastisitasnya lebih terjaga sehingga ban lebih awet.

Bagaimana apakah sudah faham tentang panduan lengkap mencuci mobil di rumah dari Jogjaharini.com?. Jika sudah silahkan cari siapkan peralatan yang dibutuhkan, jika belum punya bisa membeli di supermarket atau toko aksesoris mobil terdekat.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *