Mengenal A13 Bionic, Chipset Terkencang Dari Apple

Apple baru saja merilis chipset terbaru mereka bernama A13 Bionic. Ini menjadi pembaruan dari versi sebelumnya A12 Bionic yang dipakai pada seri iPhone X. Lalu apa kehebatan dari Chipset A13 Bionic? Mari kita simak pembahasannya dibawah.

Chipset A13 Bionic meluncur bersama dengan iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max pada bulan September 2019. Chipset ini diklaim sebagai chipset tercepat di dunia saat ini mengalahkan seri prosesor lainnya, termasuk seri Snapdragon 845 yang ada di Samsung Galaxy S10+ dan juga Kirin 980 yang dipakai pada Huawei P30 Pro yang memiliki kamera menakjubkan.

Spesifikasi A13 Bionic

Apple A13 Bionic

Apple A13 Bionic

Chipset A13 Bionic hadir dengan ukuran 7 nanometer dengan pencetakan canggih menggunakan proses EUV (Extreme Ultraviolet). Hasilnya A13 Bionic mampu ditanamkan sampai 9,6 miliar transistor, ini meningkat cukup banyak dari A12 Bionic yang tertanam sebanyak 6,9 transistor. Jangan dibayangkan seperti apa bentuk transistornya karena tidak akan terlihat jelas dengan mata telanjang.

A13 Bionic hadir dengan pembagian klaster yang berbeda-beda, dua klaster inti untuk performa dan empat inti untuk efisiensi daya. Dua klaster inti performa ini mampu meningkatkan performa sebesar 20% dari generasi sebelumnya dan daya yang dikeluarkan lebih hemat hingga 30%.

Untuk klaster empat inti yang khusus efisiensi tersebut bisa meningkatkan performa 20% dan lebih irit 40% dari generasi sebelumnya. Chipset generasi 13 ini diklaim Apple menjadi chipset paling cepat saat ini, dalam satu detik saja bisa melakukan 1 triliun operasi. Apple bahkan berani mengklaim bahwa chipset Snapdragon 855 hanya mampu melakukan operasi setengah dari A13 Bionic Apple.

Kinerja CPU A13 Bionic

A13 Bionic dirancang untuk kinerja single core yang lebih cepat dibandingkan dengan smarphone flagship kompetitor. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa ada penambahan kinerja sebesar 20% dari generasi sebelumnya, tentunya ini angka yang besar.

Dari gambar diatas sudah jelas bahwa terdapat banyak peningkatan dari versi sebelumnya mulai dari kinerja single core, multi core dan compute. Tentu data diatas menjadi tantangan yang besar terutama bagi perusahaan chipset kenamaan seperti Qualcom, Samsung dan sejenisnya.

Kinerja Grafis GPU

Launching A13 Bionic

Launching A13 Bionic

Untuk urusan grafis memang Apple adalah juaranya, belum ada chipset yang mampu menandingi kekuatan Apple dalam hal grafis. GPU A13 Bionic merupakan design asli dari Apple dengan “metal optimized” sehingga kinerjanya mampu bertambah 20%. Hal ini dibuktikan dalam test 3Dmark dengan versi iPhone X yang masih menggunakan A12 Bionic, berikut detailnya:

iPhone SE 2020

Baru beberapa hari kemarin yang membuat publik geger dengan peluncuran iPhone SE 2020 generasi kedua yang menggunakan chipset A13 Bionic. Chipset yang digunakan ini sama dengan yang dipakai pada seti iPhone 11 tetapi dengan harga yang lebih murah.

Sebelumnya iPhoen SE generasi pertama muncul pada tahun 2016, jika dihitung sampai saat ini berarti jaraknya sudah 4 tahun. iPhone SE 2020 ini diluncurkan serentak di 40 negara yang berbeda, tetapi sayangnya jika Anda ingin mencoba performa chipset A13 Bionic ini harus sabar menunggu, karena harus melakukan pre-order terlebih dahulu.

iPhone SE 2020

iPhone SE 2020

Untuk harga iPhone SE 2020 di Indonesia belum ada kabar secara resmi, tetapi Anda bisa mengikuti acuan harga iPhone SE 2020 salah satunya dari Amerika Serikat, berikut daftarnya:

  • iPhone SE 2020 64 GB: 399 dolar AS (Rp 6,2 jutaan)
  • iPhone SE 2020 128 GB: 449 dolar AS (Rp 6,9 jutaan)
  • iPhone SE 2020 256 GB: 549 dolar AS (Rp 8,5 jutaan)

Harganya yang pasti akan lebih mahal, siap-siap saja untuk menjual gadget lama Anda untuk merasakan performa dari chipset A13 Bionic terbaru. Demikian pembahasan dari jogjaharini.com tentang chipset A13 Bionic, jangan lupa share ke sosial mediamu agar lebih banyak orang yang tahu tentang kehAndalan chipset terbaru Apple ini.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *