15+ Panduan Belajar SEO WordPress Untuk Pemula

Saat Anda memulai mengelola website dengan WordPress, ada satu hal penting yang tidak boleh terlewat yaitu belajar SEO. SEO bagi sebagian pengguna WordPress pemula memang membingungkan, karena akan ada banyak perubahan dan optimasi yang harus dilakukan pada website WordPress Anda, tetapi jangan khawatir karena kami akan membahas 16 panduan belajar SEO WordPress untuk pemula dari dasar.

Sebelum melanjutkan pembahasan mengenai belajar SEO WordPress, nampaknya Anda perlu mengetahui penjelasan tentang apa itu SEO dan mengapa SEO itu penting. Berikut pembahasannya.

Apa itu SEO

SEO WordPress

SEO WordPress

SEO atau Search Engine Optimization adalah salah satu teknik yang digunakan oleh pemilik website untuk mendapatkan lebih banyak kunjungan website secara natural melalui mesin pencari. Optimasi yang dilakukan bukan tentang bagaimana menipu Google agar bisa berada dihalaman pertama, tetapi lebih mengoptimalkan website agar mudah ditemukan mesin pencari.

Ketika ada orang yang mencari kata kunci “SEO WordPress”, konten yang sudah Anda tulis dan optimalkan bisa berada pada halaman pertama SERP (Search Engine Result Page). Jadi semakin tinggi posisi kata kunci pada mesin pencari Google, maka semakin besar pula kunjungan kepada website Anda.

Mengapa SEO itu penting?

Sebelum menlanjutkan pembahasan mengenai panduan belajar SEO WordPress untuk pemula, Anda perlu tahu dulu alasan mengapa SEO itu penting. Mesin pencari terutama Google menjadi salah satu penyumbang lalu lintas terbesar pada website. Dalam prakteknya, Google menggunakan algoritma yang canggih untuk memahami dan menentukan peringkat halaman pada setiap hasil pencarian kata kunci tertentu.

Tetapi perlu diingat bahwa algoritma Google ini belum sepenuhnya sempurna, masih membutuhkan bantuan Anda sebagai pemiliki website untuk lebih memahami tentang konten yang Anda buat. Jika konten yang Anda buat tidak dioptimalkan, mesin pencari Google tidak akan tahu apakah konten Anda baik atau buruk, tetapi perlu dicatat bahwa optimasi yang dilakukan harus sesuai aturan SEO yang berlaku.

Cara SEO WordPress terutama untuk yang masih pemula banyak yang masih mengalami kesalahan, kami sudah merangkum kedalam 16 panduan belajar SEO WordPress, semuanya sudah dibagi kedalam beberapa kategori seperti berikut:

  • Teknik Dasar SEO
  • Plugin SEO WordPress Terbaik
  • Tips SEO WordPress
  • Plugin Keamanan dan Kecepatan WordPress

Teknik Dasar SEO

Langkah pertama adalah masalah teknis dasar SEO, ada beberapa hal teknis untuk mengoptimalkan website Anda agar bisa mendapatkan kunjungan lalulintas website yang lebih banyak. Teknik ini hanya bisa digunakan untuk Anda yang menggunakan WordPress, untuk Anda yang belum memiliki Hosting Murah bisa melakukan pemesanan di Qwords. Akan ada beberapa perubahan pada pada website WordPress Anda, berikut pembahasannya:

1. Cek Visibilitas Website

WordPress memiliki fitur untuk melakukan no-index pada website Anda dari halaman pencarian. Tujuan fitur visibilitas website ini adalah menyembunyikan website Anda dari mesin pencari sebelum siap untuk dilaunching atau untuk menyembunyikan beberapa halaman yang tidak penting untuk ditampilkan pada mesin pencari.

Namun fitur visibilitas website ini perlu Anda cek, sebab jika sampai seting ini diaktifkan maka website Anda tidak akan bisa ditemukan dihalaman pencarian, jadi Anda perlu memastikan apakah dicentang atau tidak. Untuk mematikan fitur ini caranya mudah, silahkan Anda login melalui URL login WordPress Anda, kemudian pergi ke menu Settings > Reading dan Scroll kebawah dan temukan menu “Search Engine Visibility”, pastikan pada bagian tersebut tidak tercentang, jika sudah silahkan klik “Save Changes”.

2. Menggunakan URL SEO Friendly

URL website

URL website

URL SEO Friendly adalah URL yang mengandung kata kunci dari konten yang Anda buat sehingga mudah dikenali oleh mesin pencari dan juga mudah dibaca oleh pengunjung website. Silahkan Anda beli domain dengan sesuai dengan niche yang akan dipilih. Agar Anda tidak bingung kami berikan contoh dibawah ini:

https://www.namadomain.com/SEO-WordPress/

https://www. namadomain.com/16-panduan-belajar-SEO-WordPress-untuk-pemula/

Perhatikan perbedaan antara kedua URL diatas, pengunjung website akan lebih mudah dalam menebak isi dari konten website berdasarkan kata kunci dari URL. Selain itu dalam website WordPress biasanya terdapat berbagai pilihan URL permalink seperti berikut:

https://www.namadomain.com/?p=123/ https://www.namadomain.com/archive/123

Lalu seperti apakah pengunaan URL yang direkomendasikan untuk SEO?

Perhatikan lagi dalam pengunaan URL yang menggunakan angka diatas, apakah pengunjung website bisa menebak isi dari konten website? dengan menggunakan URL yang SEO Friendly akan meningkatkan peluang konten Anda untuk berada dihalaman pertama pencarian, untuk itu Anda perlu merubah URL permalink pada website WordPress Anda agar lebih SEO Friendly.

Untuk caranya silahkan login ke akun WordPress, kemudian scroll kebawah dan temukan menu Settings > Permalinks. Pilih pada menu “Post name”, kemudian pada bagian “Custom structure” silahkan isi /%postname%/.

Perlu dicatat bahwa jika website Anda sebelumnya belum menggunakan struktur permalink yang SEO Friendly, maka Anda bisa merubahnya tetapi dengan konsekuensi URL mesin pencari akan melakukan index ulang kepada semua URL yang ada, akibatnya peringkat SEO website Anda pada keyword-keyword tertentu akan mengalami penurunan sehingga berakibat pada traffic website menurun.

3. Memilih WWW atau non-WWW

Jika Anda baru membuat website dengan WordPress, Anda tidak perlu bingung memilih menggunakan WWW (https://www.namadomain.com) atau non-WWW (https://namadomain.com) pada URL website. Anda bisa memilih salah satu saja dan pastikan jangan merubah karena ini dianggap sebagai dua URL website yang berbeda. Anda

bisa mengubahnya dengan cara login terlebih dahulu pada website WordPress Anda, kemudian scroll kebawah dan temukan menu Settings > General. Silahkan Anda memilih WWW atau non-WWW, semuanya sama tidak ada efek dari SEO. Saran dari kami lebih baik memilih non-WWW karena dirasa lebih simple. Untuk Anda yang sudah terlanjur bisa merubahnya dengan cara redirect non-WWW ke WWW.

Plugin SEO WordPress Terbaik

Setelah Anda melakukan semua teknik dasar SEO untuk WordPress, ada satu hal yang bisa meningkatkan SEO WordPress yaitu dengan install beberapa plugin SEO terbaik. Ada banyak jenis plugin SEO yang ada di WordPress, kami telah memilih beberapa plugin SEO terbaik dan ini semua gratis bisa langsung diinstall.

4. Plugin SEO WordPress

Yoast SEO

Yoast SEO

Hal pertama adalah memilih plugin SEO WordPress, ada dua pilihan plugin SEO yang populer yaitu antara Yoast SEO atau All in One SEO Pack. Keduanya sama-sama baik dari segi SEO, tetapi disini kami lebih merekomendasikan Yoast SEO karena saat ini kami juga menggunakannya. Banyak yang berpendapat bahwa Yoast SEO menjadi best SEO plugin WordPress mengalahkan plugin SEO lainnya. Untuk melakukan setting Yoast SEO silahkan buka pada pembahasan sebelumnya.

5. Install XML Sitemap

XML Sitemap memiliki fungsi untuk memudahkan mesin pencari dalam melakukan indexing website, jika Anda sebelumnya menggunakan plugin Yoast SEO maka otomatis sudah memiliki sitemap. Bagi Anda yang belum tahu cara membuat sitemap silahkan buka pada pembahasan artikel kami sebelumnya.

Meskipun sitemap tidak berengaruh kepada peringkat website Anda di mesin pencari, tetapi sitemap memiliki fungsi untuk memudahkan mesin pencari dalam melakukan indexing halaman secara cepat sehingga peringkat website bisa keluar lebih cepat. Silahkan cek sitemap website Anda sudah ada atau belum dengan mengakses URL http://namadomain.com/sitemap.xml

6. Daftarkan ke Google Search Console

Google Search Console adalah tools yang diberikan Google untuk pemilik website agar melihat bagaimana konten mereka berada di mesin pencari Google. Selain itu Google Search Console bisa membantu Anda dalam melakukan indexing konten lebih cepat, caranya cukup dengan submit URL pada search box bagian atas. Untuk mendaftarkan website Anda di Console caranya cukup dengan menambahkan script dibawah <head> dan melakukan verifikasi HTML.

Google search console memiliki fungsi untuk melihat dan juga memiliki fungsi untuk memberikan peringatan kepada Anda selaku pemilik website jika ada yang error seperti crawler tidak dapat mengakses website, konten duplikat dan notifikasi error lainnya.

7. Mengoptimalkan Konten

Banyak para pemula yang baru belajar SEO WordPress berfikir bahwa dengan melakukan install plugin SEO semuanya sudah selesai. Tetapi kenyataanya tidak seperti itu, Anda perlu melakukan optimasi SEO berkelanjutan untuk setiap konten yang akan dipublish.

Untuk Anda yang menggunakan plugin Yoast SEO ada beberapa hal perlu Anda perhatikan agar SEO score dari Yoast mendapatkan nilai yang ‘Good’ berwarna hijau. Silahkan ikuti saran yang diberikan oleh plugin Yoast agar SEO Score Anda lebih maksimal. Selain itu pada

bagian “Focus keyphrase” silahkan isi keyword yang Anda target. Untuk “Meta description” silahkan isi dengan kalimat yang mengandung keyword, usahakan berada pada paragraph awal meta description dengan tambahan Call to Action yang menarik.

Tips SEO WordPress

Jika Anda sudah tahu teknik dasar WordPress dan melakukan install plugin SEO WordPress yang sudah direkomendasikan diawal, peluang Anda untuk bisa berada dihalaman pertama pencarian Google akan semakin besar. Ada beberapa tips tambahan bagi Anda yang masih belajar SEO agar lebih mudah dalam mendapatkan peringkat, berikut pembahasannya:

8. Gunakan Kategori dan Tag Yang Benar

Kategori WordPress

Kategori WordPress

WordPress memungkinkan Anda untuk melakukan pengelompokan konten berdasarkan kategori dan tag. Fitur ini memberikan Anda kemudahan dalam pengelompokan konten berdasarkan topik bahasan. Penggunaan kategori dan tag juga memudahkan mesin pencari memahami struktur dan konten website Anda.

Sekarang ini penggunaan breadcrumbs menjadi salah satu hal yang direkomendasikan oleh Google. Contoh mudahnya agar Anda sebagai pengguna WordPress pemula tidak bingung, contoh saja Anda memiliki website berita, nah kategori ini seperti berita olahraga, berita politik, berita otomotif dan untuk tag ini seperti jokowi, Manchester united, Toyota, sedan dan sejenisnya. Dengan pengunaan kategori dan tag yang benar maka akan memudahkan mesin pencari dan pengunjung website menemukan menjelajahi website Anda.

9. Gunakan Internal Link

Google memberikan skor pada setiap halaman dari website sebagai penentuan peringkat di mesin pencari. Untuk skor yang dinilai apa saja memang tidak dijelaskan langsung oleh Google, yang pasti internal link menjadi salah satu hal yang perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan skor tinggi.

Sebelum melakukan posting konten, Anda sebagai pemilik website perlu memberikan internal link kepada keyword yang masih berhubungan, minimal memberikan kepada 3 konten yang masih relevan. Ini bisa menjadi salah satu sinyal untuk mesin pencari agar memberikan nilai bagus bahwa konten yang Anda post berkualitas.

10. Optimalkan Komentar WordPress

Komentar menjadi salah satu indikasi bahwa konten website Anda berkualitas. Dalam pembahasan 200 SEO Rangking Factor dari Backlinko.com, komentar menjadi salah satu signal Google untuk menentukan peringkat dihalaman pencarian. Tetapi perlu diperhatikan pula buhwa komentar yang masuk bukan komentar SPAM. Kami menyarankan untuk memasang plugin Akismet untuk memfilter komentar SPAM yang masuk. Tetapi perlu dicatat pula jika terlalu banyak komentar akan membuat website lambat sehingga berpengaruh pada peringkat website.

11.  Gunakan Eksternal Link NoFollow

Link sampai saat ini menjadi salah satu cara penentu mesin pencari untuk menentukan mana halaman yang berkualitas. Semakin banyak Anda mendapatkan link dari website yang terpercaya maka skor website Anda menjadi meningkat. Tetapi perlu dicatat yang dihitung skor adalah memberikan tautan yang dofollow. Untuk itu Anda perlu memperhatikan bahwa link eksternal yang keluar menuju website lain pastikan tipe nofollow.

Memberikan eksternal link tipe nofollow berarti memerintahkan mesin pencari untuk tidak mengikuti arah link tersebut. Untuk itu agar mendapatkan peringkat website yang lebih tinggi, Anda perlu mendapatkan banyak link dofollow kepada website Anda dibandingkan link nofollow yang Anda berikan.

Untuk melihat tipe link dofollow atau nofollow bisa dilihat pada HTML, berikut contohnya:

<a href=“http://namadomain.com“> Contoh Dofollow </a>

Pada bagian link dofollow terlihat seperti diatas.

<a href=“http://namadomain.com” rel=”nofollow”> Contoh Nofollow </a>

Pada bagian link nofollow pada bagian “rel” diberikan atribut nofollow.

12. Tulisan Konten Yang Lengkap

Dalam hal pembuatan konten, Google sekarang ini lebih memberikan peringkat lebih kepada konten yang memiliki pembahasan lengkap. Dan perlu diperhatikan pula bahwa konten yang dibuat haruslah original tidak mengandung duplikat dengan konten lain. Tujuan utama dari konten yang dibuat agar bisa memberikan jawaban dengan informasi yang lengkap.

Plugin Keamanan & Kecepatan WordPress

13. Optimalkan Kecepatan Website

Jika semua panduan belajar SEO WordPress diatas sudah Anda praktekan, jangan lupa untuk optimasi kecepatan website Anda. Pastikan website Anda memiliki pagespeed dibawah 3 detik, jika lebih dari itu rawan sekali pengunjung website meningalkan halaman karena loading yang lambat sehingga mengakibatkan skor bounce rate tinggi. Jika dibiarkan lama- lama peringkat website Anda akan semakin menurun dihalaman mesin pencari.

Untuk mengecek kecepatan website sudah baik atau belum, Anda bisa menggunakan tool dari Google PageSpeed Insights. Ada beberapa tips yang kami miliki cara untuk meningkatkan kecepatan website WordPress yang sudah kami bahas pada artikel sebelumnya.

14. Optimalkan Gambar

Gambar yang ada pada konten website juga menjadi salah satu hal yang penting dalam SEO. Untuk itu Anda perlu melakukan optimasi pada ALT Text atau Alternate Image. Dengan ini mesin pencari bisa mengetahui bahwa gambar yang digunakan relevan. Selain itu dalam penamaan file usahakan dengan kata yang mengandung kata kunci utama.

Ada hal penting lainnya untuk optimasi gambar yaitu tentang ukuran dan kualitas gambar. Jangan sampai gambar yang Anda gunakan memiliki ukuran yang besar sehingga memberatkan kecepatan website. Anda perlu memastikan gambar yang dipakai menggunakan ukuran yang kecil dan berkualitas baik dan juga pastikan ALT Text sudah sesuai dengan kata kunci.

15. Install Plugin Keamanan WordPress

Keamanan WordPress

Keamanan WordPress

Setiap minggunya Google memberikan daftar hitam sekitar 20.000 lebih website yang terkena serangan malware dan sekitar 50.000 website yang terkena phising. Ketika sudah masuk kedalam daftar hitam Google tersebut, bisa dipastikan website Anda tidak akan muncul dihalaman pencarian Google.

Salah satu cara untuk mengamankan website WordPress, terutama untuk pemula adalah dengan menambahkan plugin keamanan WordPress. Kami merekomendasikan untuk menggunakan plugin Sucuri yang terbukti bisa menangkal serangan lebih dari 450.000 malware dan phising pada website.

16. Menggunakan SSL

SSL (Secure Socket Layer) adalah teknologi enkripsi koneksi yang aman antara web server dengan browser pengguna. Pada website yang sudah menggunakan SSL URL akan berubah menjadi “https” dan ada icon gembok pada URL website. Dengan menggunakan SSL website Anda akan semakin dipercaya oleh pengunjung, apalagi untuk website-website yang menggunakan user login dan transaksi keuangan.

Untuk Anda yang membutuhkan layanan SSL, Qwords memiliki layanan SSL Murah dengan harga 115.000/tahun untuk Comodo SSL Certificate yang cocok untuk pengunaan personal atau bisnis skala kecil.

Kesimpulan

Setelah Anda memahami panduan belajar SEO WordPress untuk pemula dari awal, silahkan Anda praktekan dengan benar. 16 panduan belajar SEO ini masih sebagian dari ilmu SEO yang ada saat ini, tetapi untuk para pemula sudah cukup terbilang untuk belajar. Semoga website Anda bisa bersaing dihalaman pencarian utama Google dengan website lainnya.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *