7 Syarat Naik Kereta Api Saat New Normal Sekarang

Saat pandemi seperti ini, ada beberapa orang-orang tetap dituntut untuk bekerja seperti saat normal. Salah satunya dengan bepergian luar kota untuk urusan berbagai pekerjaan.

Salah satu moda transportasi yang memiliki harga terjangkau dan nyaman adalah dengan menggunakan Kereta Api. Kabar baiknya saat ini pihak PT. Kereta Api Indonesia sudah melayani perjalanan Kereta Api jarak dekat dan jarak jauh.

Karena saat ini masih masuk pandemi corona, pihak Kereta Api memberikan persyaratan yang harus dipenuhi saat akan melakukan perjalanan jauh. Syarat ini dibuat bukan asal saja, melainkan mendapatkan surat edaran resmi dari Gugus Tugas Covid-19 No. 9 Tahun 2020 yang berisi kriteria persyaratan perjalanan orang dalam masa new normal atau kebiasaan baru guna menjaga agar tetap aman dari Covid-19.

Untuk rute keberangkatan Kereta Api jarak jauh sudah normal seperti biasa, tetapi ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa naik Kereta Api seperti biasa. Dari awal pertama kali dibuka sejak 12 Juni 2020 lalu, penumpang Kereta Api semakin meningkat setiap harinya. Ini menjadi bukti bahwa masyarakat memang sudah percaya terhadap layanan Kereta Api saat ini. Berikut ini tim dari Jogjaharini.com akan mengulas syarat apa saja untuk bisa naik Kereta Api untuk saat ini:

7 Syarat Naik Kereta Api

Nah berikut ini kami sudah merangkum 7 syarat yang harus Anda penuhi sebelum naik Kereta Api. Apa saja itu? Simak penjelasannya dibawah ini:

1. Wajib masker

Masker medis

Masker medis

Sekarang ini masuk statsiun harus menggunakan masker, jadi tidak Anda akan disuruh balik memakai masker dulu. Walaupun Anda punya tiket tetapi masker sekarang ini menjadi syarat wajib saat akan naik kereta entah itu jarak dekat maupun jauh.

2. Cek suhu tubuh

Saat memasuki area stasiun, selain harus menggunakan masker, Anda juga di cek langsung oleh petugas stasiun terutama suhu tubuh. Pastikan saat akan bepergian suhu tubuh Anda normal tidak panas. Untuk penumpang kereta dengan suhu tubuh lebih dari 37,3 derajat tidak diperkenankan naik Kereta Api.

3. Wajib jaga jarak

Physical distancing

Physical distancing

Para penumpang kereta juga diharapkan untuk selalu menjaga jarak dengan orang sekitar minimal satu meter untuk mencegah penularan virus corona.  Pada kursi tunggu dan dalam kereta, pihak Kereta Api sudah memberikan tAnda mana tempat duduk yang dilarang digunakan, tujuannya agar terjadi physical distancing antar penumpang lain.

Jangan lupa juga selalu cuci tangan atau gunakan hand sanitizer setelah memegang benda-benda yang rawan terpapar virus corona.

4. Membeli tiket secara online

Agar menghindarkan kontak langsung dengan orang lain, apalagi pembayaran dengan menggunakan uang cash yang berpotensi menularkan virus kepada orang lain. Maka pihak Kereta Api menyarankan membeli tiket Kereta Api melalui KAI Access, website, Railink dan agen tiket lainnya.

Tujuan menggunakan tiket elektronik ini juga mengurangi penularan virus melalui kontak langsung. Nantinya Anda tinggal melakukan scan barcode bukti pembayaran yang menjadi pengganti tiket fisik. Keuntungan lainnya yang pasti Anda tidak perlu antri lama-lama untuk membeli tiket dengan berdempetan.

5. Menerapkan pola bersih

Cuci tangan

Cuci tangan

Nah ini sudah saya singgung diatas supaya selalu menerapkan pola hidup sehat dengan selalu membawa masker, membawa hand sanitizer dan selalu membiasakan cuci tangan setelah memegang sesuatu.

Selain itu saat bersin jangan lupa untuk menutup dengan lengan agar partikel droplet tidak menempel pada area sekitar Anda. Selain itu jangan meludah sembarangan dan buanglah sampah pada tempatnya.

6. Lapor petugas jika merasa sakit

Saat melaksanakan perjalanan kok merasa sakit, Anda bisa lapor kepada petugas untuk mendapatkan perawatan. Apabila Anda indikasi seperti corona, maka dianjurkan untuk langsung menghubungi dokter atau rumah sakit terdekat.

7. Harus menggunakan surat bebas corona

Nah yang terakhir untuk bisa menggunakan kereta, Anda perlu menggunakan surat keterangan bebas corona. Cara mendapatkannya Anda bisa melakukan rapid test untuk mengetahui apakah Anda tertular atau tidak dengan melakukan test di rumah sakit terdekat.

Surat keterangan bebas corona ini memiliki waktu masa aktif selama 14 hari. Jika lebih dari itu Anda diwajibkan untuk memperbarui surat keterangan bebas corona untuk bisa naik Kereta Api lagi.

Dalam prakteknya sekarang ini, rumah sakit sangat ramai karena orang ingin melakukan rapid test, bukan hanya untuk syarat perjalanan saja melainkan mereka juga ingin memastikan bahwa bebas dari virus corona.

Anda tidak perlu khawatir karena dengan halodoc Anda bisa mencari rumah sakit sekitar rumah Anda yang melayani pelayanan rapid test. Tidak perlu capek-capek antri karena halodoc memiliki fitur untuk membuat janji dengan dokter, tinggal datang sesuai jam janjian Anda langsung bisa melakukan rapid test.

Untuk masalah biaya tenang saja, harganya sama dengan pelayanan biasa. Dengan halodoc Anda malah mendapatkan banyak keuntungan. Jika Anda belum memiliki akun halodoc saat ini segera daftar sekarang juga, atau Anda juga bisa mendownload aplikasinya untuk via Google Play dan App Store.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *