Tips Aman Olahraga Sepeda Saat Pandemi Corona

Saat pandemic corona seperti saat ini, semua orang disarankan untuk tidak keluar rumah agar penyebaran virus corona tidak semakin meluas.

Bagi orang-orang yang memiliki kepentingan di luar misal untuk berbelanja atau bekerja, tentunya tidak bisa hanya diam dirumah saja. Jika terpaksa keluar setiap orang harus selalu menjaga physical distancing antar orang sekitar, menggunakan masker dan tidak lupa untuk selalu cuci tangan.

Kondisi seperti ini akan terus berjalan sampai pandemic corona ini berakhir. Lalu untuk yang suka hobi olahraga bagaimana? Salah satunya bersepeda saat pandemic corona seperti ini apakah boleh atau tidak?

Tips Aman Olahraga Sepeda Saat Pandemi Corona

Dilansir dari berbagai sumber terpercaya, kami sudah merangkum tips aman saat bersepeda masa pandemic corona seperti sekarang ini, berikut pembahasannya:

1. Pastikan kondisi badan sehat

Olahraga sepeda

Olahraga sepeda

Pastikan sebelum berangkat sepedaan kondisi badan Anda sehat tidak memiliki gejala penyakit apapun. Dengan badan sehat Anda akan lebih kuat dari serangan virus dan aman dari penularan virus salah satunya corona. Karena corona menyerang pada sistem imun tubuh, saat imun sedang rendah maka corona bisa menginfeksi orang tersebut.

Untuk Anda yang memiliki riwayat penyakit kronis, tidak disarankan untuk bersepeda keluar, usahakan tetap tinggal dirumah dengan olahraga yang dekat-dekat saja seperti jogging di lingkungan rumah.

2. Pilih waktu yang tepat

Pilihlah waktu yang sepi untuk melakukan sepedaan. Contoh paling mudahnya adalah waktu pagi hari sebelum orang banyak keluar untuk bekerja atau ke sekolah. Selain sepi udara pagi hari masih bersih sehingga baik untuk kesehatan. Jangan bersepeda pada jam-jam sibuk berangkat atau pulang kantor, karena selain terkena banyak polusi, Anda tidak bisa menjaga physical distancing antar pengendara lainnya.

3. Hindari tempat yang ramai

Lokasi sepeda yang aman

Lokasi sepeda yang aman

Untuk pemilihan rute sepedaan, usahakan menjauhi daerah yang ramai seperti pusat kota, alun-alun atau tempat yang ramai lainnya. carilah rute yang sepi seperti area persawahan, pegunungan dan daerah sepi lainnya. dengan begini Anda bisa bersepeda aman dan tidak bertemu banyak orang yang berpotensi menularkan virus corona.

4. Gunakan masker

Masker sekarang ini menjadi hal yang wajib dipakai saat kemana saja. Karena tidak tahu kita bisa sewaktu-waktu tertular virus corona, karena sudah banyak ditemui orang tanpa gejala (OTG) yang positif corona. Selain itu dalam pemilihan masker usahakan yang nyaman untuk bernafas, karena saat bersepeda Anda membutuhkan pernafasan yang lebih untuk suplai oksigen dalam tubuh.

5. Usahakan sepeda sendirian

Sesuai anjuran dari pemerintah untuk melakukan physical distancing, jarak aman dengan orang lain adalah 2 meter. Jika bersepeda dengan teman pastikan bahwa teman Anda dalam keadaan sehat dan maksimal hanya boleh 5 orang, lebih  dari itu tidak disarankan.  Lebih baiknya Anda bisa melakukan sepedaan secara sendirian tanpa bergerombol.

6. Hindari mampir

Hindari mampir-mampir seperti di tempat tongkrongan, warung atau bengkel sepeda langganan Anda. Tujuannya agar meminimalisir resiko penularan virus corona, jika terpaksa mampir usahakan menggunakan hand sanitizer dan jaga kebersihan.

7. Jaga kebersihan

Cuci tangan

Cuci tangan

Yang terakhir adalah selalu menjaga kebersihan dengan cara melakukan menyemprotkan cairan desinfektan atau cairan pembersih yang bisa membunuh kuman dan virus pada sepeda. Usahakan juga setelah pulang bersepeda langsung ganti baju, hindari kontak dengan anggota keluarga yang ada di rumah dan segera mandi sampai bersih.

Nah demikian pembahasan mengenai tips aman olahraga sepeda saat pandemic corona dari jogjaharini.com. Tetaplah jaga kesehatan dengan melakukan olahraga rutin, jaga kesehatan dan makan-makanan yang bergizi untuk menangkal penyebaran virus corona di sekitar Anda.

Terima kasih

Sumber : Hobigowes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *