Adu Keunggulan Website vs Marketplace, Kamu Pilih Mana?

Dengan semakin berkembangnya era teknologi sekarang ini membantu kita semua dalam berbagai hal. Ada banyak manfaat yang bisa kita rasakan sehari-hari dengan adanya teknologi.

Salah satunya adalah kemudahan dalam bertransaksi online untuk melakukan pembelian berbagai keperluan sehari-hari. Di Indonesia saat ini trend berbelanja online semakin pesat perkembangannya dan sudah lumrah dilakukan.

Jika dilihat dari kacamata bisnis, Indonesia saat ini merupakan negara berkembangan yang sangat potensial. Dilihat dari sisi penggunaan internet tergolong tinggi, mengambil perbandingan data dari Statista.com tahun 2017-2019 tentang rata-rata konsumsi data, bahwa pada tahun 2019 kemarin mengalami peningkatan yang besar. Untuk jelasnya silahkan lihat gambar berikut ini.

Pengguna Internet Indonesia

Pengguna Internet Indonesia

Selain dari segi pengguna internet, jumlah penduduk Indonesia saat ini menempati posisis terbesar ke 4 di dunia setelah China, India dan Amerika Serikat. Tentu ini menjadi peluang besar apalagi jumlah penduduk Indonesia diproyeksikan sekitar 271 juta jiwa tahun 2020 ini.

Berdasarkan riset dari HootSuite tahun 2019 kemarin, Indonesia masuk dalam peringkat 10 negara yang paling lama mengakses internet. Selama tahun 2019, pengguna dengan rentang umur 16 – 64 tahun memiliki rata-rata 7 jam 59 menit menggunakan internet. Dan salah satu aktivitas yang dilakukan selain bersosial media adalah berbelanja online. Ya, memang sekarang ini sudah bermunculan salah satu hobi baru yaitu berbelanja secara online.

Perkembangan Trend Belanja Online

Gencarnya marketplace memberikan diskon dan gratis ongkir disinyalir menjadi salah satu penyebab maraknya trend belanja online. Orang-orang sekarang ini bisa membeli apa saja dari gadget mereka tanpa harus keluar rumah dan yang pasti harganya bisa bersaing dengan toko offline.

Jika Anda mengikuti beberapa marketplace di Indonesia saat ini seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada dll, mereka sering mengadakan flash sale, diskon harga dan gratis ongkir yang sangat menarik sekali. Lalu siapa yang tidak tertarik dengan penawaran seperti ini?

Selain marketplace, ada satu lagi tempat yang digunakan orang-orang untuk membeli berbagai keperluan, yaitu melalui website. Website tidak hanya sebatas blog, landing page, company profile, website berita dll, melainkan website bisa digunakan untuk berjualan yaitu dengan toko online.

Data dari Bank Indonesia pada bulan Desember 2019 tahun kemarin menyebutkan bahwa secara kumulatif transaksi keuangan selama tahun 2019 mencapai 145 triliun, jauh melampaui dari tahun 2018 sebelumnya yaitu sebesar 47 triliun. Salah satu penyebabnya adalah trend belanja online di Indonesia yang sedang naik daun.

Website vs Marketplace

Website vs Marketplace

Website vs Marketplace

Jika melihat total transaksi selama tahun 2019 yang mencapai ratusan triliun, ini menjadi lahan basah yang menarik untuk mulai menghasilkan keuntungan dari bisnis online. Kita tidak hanya sebatas menjadi konsumen saja, melainkan harus menjadi pemainnya langsung agar bisa menikmati keuntungan dari boomingnya belanja online.

Di era industri 4.0 ini untuk bisa memulai bisnis sudah sangat mudah sekali jalannya, Anda bisa mengonlinekan bisnis dengan website yang harganya murah. Jika tidak ada modal Anda juga bisa berjualan lewat marketplace yang memberikan berbagai penawaran menarik untuk para seller.

Lalu timbulah pertanyaan, website vs marketplace bagus mana? Apakah saya harus memulai dari website dulu atau marketplace dulu? Nah agar Anda tidak kebingungan mari kita bahas mengenai kelebihan dan kekurangannya dibawah ini.

Kelebihan Website

Website atau bisa juga disebut web adalah kumpulan dari halaman dalam satu domain di internet yang dibuat dengan cara khusus serta disimpan dalam server hosting. Salah satu contoh penyedia layanan domain hosting untuk kebutuhan website Anda seperti Rumahweb.com. Anda bisa membeli nama domain dan hosting dengan harga murah, tenang saja tidak sampai jutaan harganya.

Adapun beberapa kelebihan yang dimiliki website seperti:

  1.       Branding bisnis

Kelebihan website yang pertama adalah gampang dalam membangun branding bisnis. Anda bisa memulainya dengan membeli domain murah dari Rumahweb. Rekomendasi dari kami lebih baik memilih domain ekstensi TLD seperti .com saja karena lebih mudah diingat oleh pengunjung website.

Membeli domain

Membeli domain

Selain itu dari segi tampilan website juga perlu diperhatikan untuk membuat website Anda menarik sehingga membuat pelanggan nyaman dan akhirnya datang kembali. Jangan lupa juga untuk pelayanan dan kualitas produk perlu diperhatikan untuk menjaga kepuasan pelanggan.

  1.       Cocok untuk semua produk

Website cocok untuk segala jenis produk jualan. Jika Anda berjualan di marketplace tidak semua produk bisa Anda jual dengan leluasa. Anda harus taat pada peraturan yang telah dibuat oleh pihak marketplace agar toko Anda tidak dibanned.

Jadi jika Anda memiliki produk yang unik lebih baik langsung membuat toko online dengan website. Sepanjang produk yang Anda jual tidak menyalahi aturan pemerintah Indonesia.

  1.       Integrasi antar platform

Website memiliki kelebihan dalam integrasi antar platform lain seperti cek ongkir, tracking pengiriman, pilihan pembayaran, sosial media dan lainnya. Belum tentu fitur-fitur ini tersedia pada marketplace, jika ada biasanya Anda perlu membayar lebih untuk bisa menggunakannya.

  1.       Akses penuh terhadap website

Kelebihan website yang keempat adalah Anda memiliki akses penuh terhadap website. Anda bisa bebas mau membuat websitemu seperti apa sesuai dengan keinginan. Berbanding terbalik dengan marketplace yang memiliki batasan-batasan kepada para seller, jika ingin menambah fitur biasanya perlu membayar biaya lebih.

  1.       Keamanan lebih terjamin

Keamanan menjadi isu yang menarik jika website disandingkan dengan marketplace. Secara modal pengembangan, website memang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan marketplace. Tetapi Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan sertifikat SSL yang dipakai oleh marketplace.

SSL Rumahweb

SSL Rumahweb

Harga sertifikat SSL saat ini juga murah bahkan dibawah harga domain TLD. SSL menjamin keamanan website dengan enkripsi berlapis sehingga keamanan website menjadi lebih terjamin.

  1.       Transaksi lebih fleksibel

Pilihan metode pembayaran pada website bisa lebih fleksibel, Anda tidak perlu bekerja sama dengan jasa pembayaran pihak ketiga yang harus menunggu dana cair sebelum barang sampai.

Tentunya ini sedikit merepotkan karena uang modal Anda tersimpan beberapa hari, jika Anda berjualan lewat website maka uang pembelian dari pelanggan langsung bisa masuk rekening bisnis sehingga bisa dipakai untuk keperluan yang lainnya.

  1.       Margin keuntungan lebih besar

Nah keuntungan website yang terakhir adalah margin keuntungan yang lebih besar. Pernahkah Anda melihat harga suatu produk di marketplace semuanya mirip-mirip bahkan ada yang berani banting harga agar menjadi paling laris.

Dengan menggunakan website sendiri Anda tidak terjebak dalam persaingan harga yang tidak masuk akal. Anda bebas menentukan harga jual karena tidak ada persaingan dari seller lain sehingga potensi keuntungan yang didapatkan bisa lebih besar.

Kekurangan Website

Dibalik beberapa kelebihan yang dimiliki, ada beberapa kekurangan yang dimiliki dari website, berikut pembahasannya:

  1.       Perlu membeli domain hosting

Hal pertama kekurangan dari website adalah perlu membeli layanan domain hosting terlebih dahulu. Tetapi tenang saja sekarang ini Anda bisa mendapatkan layanan hosting murah di rumahweb dengan harga mulai dari 20.000/bulan.

Paket Hosting Rumahweb

Paket Hosting Rumahweb

  1.       Perlu membangun kepercayaan konsumen

Kekurangan website yang kedua adalah dari segi kepercayaan konsumen yang pelu dibangun sejak awal. Tetapi tenang saja kepercayaan konsumen ini bisa dibangun seiring dengan berjalannya waktu bisa dengan memberikan layanan yang terbaik, kualitas produk yang terjaga dan tampilan website yang meyakinkan.

  1.       Harus faham digital marketing

Kekurangan yang terakhir dari website adalah perlu memahami tentang teknik digital marketing. Anda perlu belajar mengenai Search Engine Optimization (SEO), Social Media Optimization (SMO), paid traffic dengan beriklan dan lainnya.

Kelebihan Marketplace

Nah sekarang membahas mengenai marketplace, apa saja perbedaan yang mendasar antara website dan marketplace. Sebelumnya perlu diketahui bahwa marketplace adalah suatu website skala besar yang memfasilitasi proses jual beli antara seller dan konsumen dalam satu tempat. Adapun beberapa kelebihan dari marketplace seperti berikut ini:

  1.       Mudah dalam mendaftar

    Kemudahan pendaftaran

    Kemudahan pendaftaran

Kelebihan marketplace yang pertama adalah tidak membutuhkan waktu yang lama, Anda tinggal mendaftar saja apa nama toko dan upload barang jualan toko online Anda sudah jadi. Setelah itu akun toko online Anda sudah siap untuk melakukan jualan.

  1.       Tidak perlu modal banyak

Keuntungan yang kedua adalah tidak perlu membutuhkan modal yang banyak. Marketplace di Indonesia sampai saat ini pada saat pendaftaran masih menggratiskan kepada semua sellernya. Tetapi untuk bisa unlock beberapa fitur tambahan Anda perlu membayar biaya lebih, contohnya seperti bisa tampil paling atas pada pencarian marketplace.

  1.       Kepercayaan konsumen lebih tinggi

    Kepercayaan pelanggan

    Kepercayaan pelanggan

Kepercayaan konsumen sudah tinggi sejak awal, karena pihak marketplace lah yang melakukan branding kepada calon konsumennya. Walaupun toko Anda masih baru konsumen yang datang akan tetap berani transaksi karena kepercayaan konsumen sudah tinggi terhadap marketplacenya.

  1.       Tidak perlu strategi marketing

Tim dari pihak marketplace sudah ada yang mengurusi dalam hal teknik digital marketing. Bahkan semua produk yang Anda publish bisa bersaing mudah dihalaman pertama pencarian Google. Tentu ini bisa menghemat pengeluaran terutama pada budget marketing untuk bisnis Anda.

  1.       Sistem sudah jadi

Nah keuntungan yang terakhir adalah sistem marketplace semuanya sudah jadi. Anda tinggal mendaftar saja untuk bisa menikmati semua fitur-fiturnya. Tetapi Anda tidak bisa meminta fitur diluar sistem yang sudah tersedia.

Kekurangan Marketplace

Selain 5 kelebihan yang dimiliki oleh marketplace, ternyata ada beberapa kekurangan dari marketplace yang perlu Anda ketahui, berikut pembahasannya:

  1.       Tingkat persaingan tinggi

    Tingkat persaingan tinggi

    Tingkat persaingan tinggi

Kekurangan marketplace yang pertama adalah tingkat persaingan yang tinggi antar seller. Jika ada produk yang sedang laris tinggal menunggu waktu saja pasti ada duplikasi produk sejenis yang sama dengan harga yang lebih menarik.

Jadi kalau sudah seperti ini Anda harus berebut untuk mendapatkan pelanggan dengan seller lain. Salah satunya dengan menurunkan harga jual, memberikan pelayanan lebih cepat atau bisa juga dengan memberikan bonus setiap penjualan.

  1.       Perputaran modal lebih lama

Saat terjadi pembelian, dana yang dikirimkan oleh pelanggan akan tertahan dulu di rekening marketplace sampai pelanggan konfirmasi barang sampai. Jika sudah seperti ini Anda harus mempunyai modal yang besar untuk bisnis bisa tetap jalan. Jangan sampai bisnis Anda terhenti karena uang modal masih nyangkut pada rekening marketplace.

  1.       Margin keuntungan tipis

Karena persaingan antar satu seller yang tinggi, mau tidak mau Anda harus menurunkan harga agar bisa bersaing dengan yang lain. Akhirnya margin keuntungan produk Anda yang semakin menipis.

  1.       Kurang cocok untuk branding produk

Saat melakukan pembelian produk, pelanggan akan lebih mengingat nama marketplacenya dibandingkan dengan merek produknya. Ini terjadi karena branding marketplace lebih kuat dibandingkan produk Anda. Contohnya “kalau beli skincare di Shopee aja disana murah dan gratis ongkir, ada merk Garnier, Sariayu, Wardah dll ada pokoknya lengkap deh”.

  1.       Cakupan pasar terbatas

    Cakupan pasar terbatas

    Cakupan pasar terbatas

Nah yang terakhir adalah cakupan marketplace masih terbatas. Contoh saja marketplace yang sukses di Indonesia belum tentu memiliki website yang menyasar negara lain. Jadi jika Anda berencana melakukan ekspansi bisnis ke negara lain tidak disarankan untuk menggunakan layanan marketplace.

Lalu Harus Memilih Mana?

Nah sampai juga pada inti pembahasan dari artikel tentang adu keunggulan antara website dengan marketplace. Jika harus disuruh memilih kami akan mengkombinasikan keduanya saat start awal memulai bisnis online.

Jadi saat ingin memulai bisnis online Anda bisa mendaftar langsung di marketplace dengan menggunakan brand Anda sendiri, jadi tugas Anda adalah melakukan branding lewat marketplace. Lakukan semua strategi mulai dari berikan pelayanan yang terbaik, fast respon dalam menjawab chat, optimasi produk jualan dan selalu jaga kualitas produk Anda.

Nah seiring berjalannya waktu produk Anda semakin dikenal pelanggan dengan branding merk sendiri. Berikan kupon diskon atau kartu ucapan pembelian disertai alamat website Anda agar pelanggan mau melakukan pembelian langsung ke toko online Anda. Selalu tonjolkan branding merk Anda agar pelanggan notice kalau merek ini ternyata bagus.

Intinya Anda menumpang branding dan kepercayaan pelanggan lewat marketplace. Website yang sudah Anda bangun sejak awal tadi akan mendapatkan pelanggan dari orang-orang yang Anda ajak untuk berbelanja menuju website secara langsung dengan berbagai penawaran menarik.

Bagaimana sudah berani mencoba untuk memulainya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *